You are here
Home > Kesehatan > Diet Sehat sesuai Golongan Darah Anda

Diet Sehat sesuai Golongan Darah Anda

diet sehat

Diet Sehat sesuai Golongan Darah Anda

HASIL RISET membuktikan bahwa makanan tertentu yang dikonsumsi seseorang dapat bereaksi sebagai obat atau justru sebagai racun bagi yang mengkonsumsinya.

Reaksi makanan tersebut sesuai dengan golongan darah masing masing. Oleh karena itu pengetahuan mengenai makanan apa saja yang bisa bereaksi sebagai racun pada orang yang memiliki golongan darah A B, AB, atau O penting untuk diketahul.

Tipsehatfit telah merangkum berikut ini jenis jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi sesuai dengan golongan darah masing masing, untuk melakukan diet sehat anda secara alami.

diet sehat

GOLONGAN DARAH A

Makanan yang bereaksi sebagai racun untuk orang yang bergolongan darah A adalah sebagai berikut :

Daging: sapi, kerbau, domba, bebek, angsa, kelinci, ayam hutan, Lobster, gurita, kepiting, belut, kodok, udang, cumi

Sayuran: terung, tomat, ubi, kentang, pare

Buah: jeruk, kelapa/santan, melon madu, pisang (raja), pepaya

Makanan/minuman : susu sapi, keju, es krim, susu, acar, air, soda

Makanan yang bereaksi jadi obat :

Daging : ikan mas, ikan sarden, siput

Sayuran : bayam, brokoli, wortel jamur, kacang tanah, kacang buncis, kacang

Makanan/minuman : susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, bluberi, minyak zaitun, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau & sitrun

Makanan netral: Selain jenis diatas

Untuk Program Diet Sehat  : makanan berkarbohidrat tinggi dan kurangi lemak

 

BACA JUGA : LIMAU KASTURI DAN 45 MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

 

GOLONGAN DARAH B

Makanan yang bereaksi sebagai racun:

Daging : Bebek, ayam, angsa, belibis, babi, kuda, keong, kepiting, siput, belut, kodok, gurita, lobster, puyuh

Sayuran : tomat, waluh, jagung, pare

Makanan/minuman : es krim, kacang tanah, roti gandum, alpukat, delima, kelapa/santan, kesemek, belimbing, air soda, minuman beralkohol

Makanan yang beraksi jadi obat :

Daging : ikan laut, domba, kelincí, kambing, kelinci, rusa)

Sayuran : ubi, brokoli, wortel,terung, kembang kol

Makanan/minuman : susu sapi, keju, bubur gandum, roti essene, kue beras, teh hijau

Makanan netral : Selain jenis diatas

Untuk Program Diet :  susu dan produk turunannya

 

GOLONGAN DARAH O

Makanan yang bereaksi sebagai racun :

Daging : Daging babi, cumi-cumi, kerang, kodok, gurita, angsa, puyuh, penyu

Sayuran : bunga brokoli, mentimun, kentang, kembang kol, jamur, blewah, pare, jagung

Makanan/minuman : telur angsa, telur puyuh, es krim, keju, susu sapi, yoghurt semua jenis, minyak kelapa, minyak
jagung, kacang tanah, kacanga mede, kuaci, lechi, jeruk mandarin, pisang raja, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras

Makanan yang beraksi jadi obat :

Daging : sapi, kerbau, rusa, domba

Sayuran : Brokoli, ubi, waluh, slada, ganggang laut, lobak china, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kalian, kunyit, bumbu kare

Makanan/minuman : jambu biji, bluberi, ceri

Makanan netral : Selain jenis diatas

Untuk Program Diet Anda : Makanan tinggi protein

BACA JUGA : BAWANG PUTIH TERNYATA BISA MENGHAMBAT AIDS

 

GOLONGAN DARAH AB

Makanan yang bereaksi sebagai racun :

Daging : Sapi, kerbau, ayam, bebek, babi, rusa, kuda, lobster, kepiting, kodok,

Sayuran : Acar, jagung, pare,

Makanan/minuman : belimbing, delima , pisang, kelapa, kesemek, jambu biji, mangga, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol, telur bebek, kacang hitam

Makanan yang beraksi jadi obat :

Daging : Ikan sarden, ikan tuna, susu kambing, domba, kelinci, kalkun

Makanan/minuman : jambu biji, bluberi, ceri, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), the hijau, anggur merah

Makanan netral : Selain jenis diatas

 

TIPS DIET BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

Bermacam ragam diet sehat untuk menurunkan berat badan sekarang banyak beredar. Salah satunya adalah diet kelompok darah. Sebagaimana namanya, diet hal yang demikian didasarkan pada kelompok darah.

Salah satu pionir diet kelompok darah adalah Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati. Dia meyakini bahwa kelompok darah memengaruhi sistem pencernaan.

Teori yang mendasari ialah tiap kategori darah mencerna lektin secara berbeda. Lektin ialah sejenis protein. Kalau kandungan lektin dari makanan tak sesuai dengan kategori darah, maka dapat memicu perut kenyang, peradangan, melambatnya metabolisme, dan penyakit lain seperti kanker.

Tata Cara yang Dianjurkan

Tiga kategori makanan dalam diet kategori darah ialah berkhasiat, netral, dan sepatutnya dihindari. Makanan netral akan dianggap sebagai asupan untuk tubuh. Sementara makanan yang berkhasiat dianggap dapat bekerja sebagai obat, dan makanan yang sepatutnya dihindari, sebagai racun.

Rekomendasi diet untuk kategori darah O dititikberatkan pada diet protein tinggi, seperti daging unggas, dan
Untuk kategori darah A, disarankan untuk menjalani pola makan bebas daging atau vegetarian. Konsumsi utama yang disarankan ialah sayur, buah, kacang, dan biji-bijian.

Pada diet kategori darah B, konsumsi ayam, jagung, tomat, gandum, dan wijen tak disarankan. Opsi terbaik untuk kategori darah B antara lain sayur hijau, telor, daging, dan produk olahan susu rendah lemak.
Terakhir, untuk kategori darah AB, konsumsi dipusatkan pada boga bahari (makanan laut), tahu, produk olahan susu, dan sayuran hijau. Golongan darah AB disarankan untuk menjauhi minuman keras, kafein, kacang merah, jagung, dan daging-daging olahan.

Kritik kepada teori ini terpenting mengenai kurangnya bukti ilmiah yang mendorong. Kecuali itu, timbul bermacam-macam kesulitan dikala penggunaannya, antara lain tak adanya pengukuran kalori atau lemak, dan beratnya menjalani diet kategori darah untuk bentang panjang dengan ragam makanan yang terbatas.

 

Arahan Jenis Olahraga

Tidak sekadar mengatur asupan makanan, diet kategori darah ini juga merekomendasikan mengenai bagaimana sepatutnya seseorang berolahraga.

Olahraga yang memerlukan ketahanan, seperti berlari, disebut sebagai pilihan tepat untuk kategori darah bergolongan O.

Sebaliknya, kategori darah A disarankan memilih olahraga yang menenangkan, seperti golf atau yoga.
Sementara itu, kategori darah B disarankan untuk berolahraga dengan intensitas sedang, seperti berjalan, mendaki, dan tenis.

Golongan darah AB ialah paduan dari olahraga menenangkan sekalian pada intensitas menengah.
Kenyataannya, sebagaimana hukum pola makan, hukum olahraga menurut kategori darah ini belum mendapatkan dukungan bukti ilmiah dalam dunia kedokteran.

Risiko Diet Golongan Darah

Rekomendasi diet menurut kategori darah sebaiknya lebih diwaspadai bila diterapkan oleh penderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan penyakit ginjal. Perlu diingat bahwa sistem diet ini tak menentukan kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan, namun hanya menurut satu elemen, ialah kategori darah. Pola makan ini juga tak menentukan bila seseorang menderita kondisi kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Sampai kini belum ada penelitian yang sukses menandakan diet ini dapat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan atau membikin tubuh lebih berenergi.

Penurunan berat badan dengan diet kategori darah ini kemungkinan terjadi sebab pelakunya mengurangi konsumsi makanan kurang sehat seperti makanan siap saji dan yang mengandung banyak gula. Ini berarti keberhasilan menurunkan berat badan bukan menurut kategori darah namun pilihan makanan.

Diet kategori darah dengan penguasaan ragam makanan yang terlalu ketat berisiko membikin seseorang mengalami kondisi imbas kekurangan nutrisi. Semisal osteroporosis sebab kekurangan kalsium, anemia sebab kekurangan zat besi, dan bermacam-macam defisiensi vitamin.

Walaupun terdengar menarik, diet ini tak disarankan, sebab belum disupport oleh bukti-bukti ilmiah. Salah satu risiko dari diet ini ialah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sepenuhnya sebab larangan mengkonsumsi ragam makanan tertentu. Sebagian orang mengaku merasa lebih sehat setelah menjalani pola diet kategori darah ini, namun bukan berarti hal ini absolut sebab kecocokan antara kategori darah dan pola makannya, namun lebih sebab makanan yang dipilih dan pola hidup yang dijalani lebih sehat.

Kalau kini Anda tengah berupaya menurunkan berat badan secara alami, sebaiknya pilih agenda diet yang sudah disupport bukti ilmiah. Lakukan olahraga sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh Anda. Kalau perlu, konsultasikan dengan spesialis nutrisi dan dokter untuk mendapatkan anjuran terbaik.

Nah demikian berbagai makanan untuk tip diet sehat anda berdasarkan Golongan darah yang mungkin bisa menjadi acuan anda untuk melakukan berbagai program diet berdasarkan jenis makanan dan untuk anda praktekkan dalam kehidupan sehari hari.

Bila anda rasa bermanfaat, silakan share artikel ini ke semua sahabat anda.

Loading...
Top
%d bloggers like this: