You are here
Home > Kesehatan > Bawang Putih Ternyata Bisa Menghambat Infeksi AIDS

Bawang Putih Ternyata Bisa Menghambat Infeksi AIDS

lima kasturi

Bawang Putih adalah salah satu jenis Bumbu masak yang paling akrab dengan kita masyarakat Indonesia. Sudah dipastikan nyaris semua rumah di Indonesia pasti memiliki bumbu dapur ini.

Tapi…. Tahukah anda, bahwa Bawang Putih memiliki khasiat dahsyat dan luarbiasa yang masih banyak orang tidak tahu? Simak Khasiat no. 6 dimana Bumbu Dapur ini bisa menghambat Infeksi Aids… 

Bawang Putih dan 8 Khasiatnya yang Luar Biasa

1. Bawang Putih Kaya Fosfor

Fosfor merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam bawang putih. Bagi tubuh, fosfor tergolong mineral makro yang diperlukan paling banyak. Fosfor adalah penyusun
tulang yang menjadi rangka tubuh manusia.

Fosfor juga diperlukan untuk metabolisme energi. Tanpa unsur ini tidak akan ada energi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia.
Kekurangan fosfor akan menyebabkan tubuh lemas, karena kekurangan suplai energi serta mineralisasi tulang tidak berlangsung nornal dan serapan gizi juga akan menjadi terhambat.

2. Bumbu dapur ini  Kaya Senyawa Non-gizi (Fitokimia)

Senyawa yang paling menonjol dari bawang putih senyawa non-gizi (fitokimia) yang dikandungnya.
Ada ratusan komponen non-gizi (fitokimia) yang terkandung dalam htuputih. Masing-masing merupakan senyawa bersulfur yang menjadi fitokimia utama pada bawang putih. Jika kita mengiris bawang ini akan keluar aroma belerang itu menandakan adanya allii yang cukup banyak pada bumbu khas Indonesia ini.

Alli dengan cepat akan berubah menjadi allicin dan selanjutnya pecah menjadi berbagai macam senyawa bersulfur turunannya. Senyawa bersulfur pada bawang sifatnya tidak stabil dan cepat diubah menjadi senyawa turunannya.
Dalam pengobatan modern, bawang putih tetap digunakan hingga kini. Dengan berkembangnya penemuan tentang senyawa berkhasiat pada bawang putih, para ahli akhirnya dapat menyimpulkan bahwa masing-masing senyawa berkhasiat (fitokimia) yang ada pada bawang putih memiliki peran yang
berbeda-beda.

3.Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih dikena luas sebagai obat penurun tekanan darah bagi penderita hipertensi. Pada jaman modern seperti sekarang, penderita hipertensi tidak perlu repot lagi menyiapkan herbal bawang putih yang akan mereka konsumsi, sebab banyak bentuk obat bawang putih beredar di pasaran. Kita dapat memilih berbagai obat terapi dalam bentuk pil,kapsul, kapsul lunak (soft capsul) atau minyak bawang putih (garlic oil).

lapar

 

Baca Juga : 45 MANFAAT JERUK LIMAU KASTURI UNTUK KESEHATAN

 

4. Mengatasi Aterosklerosis jantung koroner dan menghindari terjadinya stroke.

Bagi anda yang mengidap aterosklerosis (penebalan dan pengerasan dinding pembuluh arteri akibat plak), bawang putih dapat mengatasi penyakit degeneratif ini dengan tuntas. Ada ratusan penelitian yang telah dipublikasikan menyatakan bahwa bawang ini memiliki kemampuan hebat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Berdasarkan hasil penelitian yang ada para ahli menyimpulkan bahwa senyawa ajoene, allicin dan diallyl disulfida pada bumbu yang satu ini mampu menurunkan kadar kolesterol total dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang menjadi biang keladi aterosklerosis.

Bumbu yang sering ada di dapur ini juga mengandung senyawa diallyl trisulfide yang menjaga organ jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan kemampuannya tersebut, tidak diragukan lagi bila bawang putih mampu mengobati ateroksklerosis, jantung koroner dan menghindari terjadinya stroke.

5. Sebagai Antiseptik dan Antibiotik

Pada zaman dahulu orang menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi. Setelah penemuan antibiotik konvensional seperti Penicilin bawang putih masih digunakan sebagai antibiotik. Bahkan, kemampuannya sebagai antibiotik disejajarkan dengan antibiotik modern tersebut. Kemampuan ini tak lain karenakemampuannya sebagai anticendawan, antibakteri dan anti virus.

6. Menghambat Infeksi pada HIV AIDS

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh badan riset AIDS di Amerika menyatakan bahwa jenis garlic ini mampu melumpuhkan bakteri Cryptospondia.Selain itu, juga menghambat peneumolitis
infeksil yang menyebabkan penyakit sekunder pada penderita AIDS.
Pada penelitian yang lain, juga disebutkan bahwa bawang putih mampu menghambat human cytomegavirus, yang kita kenal sebagai penyebab HIV AIDS.

7. Sebagai Anti kanker

Awalnya, para ahli menyebutkan bahwa senyawa yang mengandung belerang (sulfur) disebut sebagai pengendali kanker. Hal ini dikaitkan dengan banyaknya penelitian menyebutkan kemampuan asam amino bersulfur pada bawang putih untuk menumpas penyakit kanker.

Rupanya pengendali kanker yang dimiliki bawang putih tak sebatas pada asam amino bersulfur saja. Bawang ini juga banyak mengandung selenium (Se) yang berdasarkan uji laboratorium diketahui sebagai penghambat perkembangan sel kanker. Dalam penelitian mutakhir disimpulkan bahwa pengendalian penyakit kanker oleh bawang putih terjadi karena adanya senyawa pelindung sel normal terhadap dimethylbenzena anthrasena (DMDA). DMDA inilah yang memacu metabolisme sel normal menjadi abnormal.

8. Antivirus

Berdasarkan uji laboratorium diketahui bahwa bawang putih terbukti nyata mampu menghambat virus penyebab flu burung (Ortohomitovinfluenza) yang kita kenal dengan sebutan virus H5N1. Harapan lain juga diberikan simplisia bawang putih untuk pengendalian penyakit demam berdarah dengue.

Loading...

Uji laboratorium membuktikan bahwa ekstrak bawang putih mampu mengendalikan perkembangan nyamuk Aedes Aegypti dan Culex Parasus. Kedua organisme ini menjadi vektor
atau pembawa virus pada pandemi demam berdarah.

Nah itulah berbagai Khasiat luar biasa yang terdapat dalam Bawang Putih yang biasanya hanya digunakan sebagai Bumbu Dapur ini.

Bila sahabat Tipsehatfit memiliki informasi lain tentang khasiat Bumbu Dapur yang satu ini silakan tambahkan di kolom komentar ya…

Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk sahabat semua. Share artikel ini bila anda rasa bermanfaat.

Loading...
Top